SPIPISE

Sistem pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi secara Elektronik (SPIPISE) adalah Sistem elektronik pelayanan perizinan dan nonperizinan yang terintegrasi antara BKPM dan kementerian / Lembaga Pemerintah Non Departemen yang memiliki kewenangan perizinan dan nonperizinan, PDPPM dan  PDKPM.

Portal SPIPISE adalah piranti lunak berbasis situs (website) yang merupakan gerbang informasi dan pelayanan perizinan dan non perizinan penanaman modal di Indonesia dan dapat diakses secara langsung melalui jaringan sistem elektronik.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksudnya untuk mengatur penanam modal, penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu di bidang penanaman modal, serta instansi teknis dalam mengajukan permohonan, atau penyelenggaraan perizinan dan non perizinan dengan SPIPISE.

SPIPISE bertujuan untuk mewujudkan :

  • Penyelenggaraan PTSP sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2009 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal;
  • Integrasi data dan pelayanan perizinan dan nonperizinan;
  • Pelayanan perizinan dan nonperizinan yang mudah, cepat, tepat, transparan, dan akuntabel;
  • Keselarasan kebijakan dalam pelayanan penanaman modal antarsektor dan pusat dengan daerah.

SPIPISE dapat diakses melalui portal SPIPISE yang diberi nama National Single Window for Investment (NSWi) dengan alamat www.nswi.bkpm.go.id.

Tulis Komentar